Dewan Judi meniup R4m dalam Perjalanan

Dewan Perjudian Nasional yang ditunda menghabiskan R4.1m untuk perjalanan luar negeri dalam tiga tahun terakhir, hampir seperempatnya dalam perjalanan ke Las Vegas.

Menteri Perdagangan dan Perindustrian Rob Davies mengatakan dalam jawaban parlemen tertulis yang diajukan Jumat bahwa dewan menghabiskan R936 723 untuk mengirim tujuh delegasi ke konferensi game G2E di Las Vegas pada 2011, dan R1.6m tahun lalu pada menghadiri pertemuan Asosiasi Internasional Regulator Perjudian di Jerman, Prancis, dan Denmark.

Pada tahun keuangan 2012/13, anggotanya terbang ke Turki, Tanzania, Inggris, Singapura dan Mozambik – mengumpulkan biaya perjalanan lebih dari R1,4 juta.

Seminggu yang lalu, komite perdagangan dan portofolio industri parlemen mengetahui bahwa Davies telah menangguhkan anggota dewan awal bulan lalu karena dugaan bertentangan dengan Undang-Undang Pengelolaan Keuangan Publik.

Ini termasuk gagal untuk mencegah pengeluaran yang tidak teratur, tidak membuahkan hasil dan boros, dan penggunaan rekening bank tanpa persetujuan Menteri Keuangan Nhlanhla Nene.

Dirjen perdagangan dan industri, Lionel Oktober, mengatakan dalam sebuah surat kepada komite bahwa anggota dewan juga telah melanggar Undang-Undang Perjudian Nasional dengan mengizinkan mantan anggota, yang masa jabatannya telah berakhir, untuk terus berpartisipasi dalam kegiatan dewan dan bertindak sebagai wakilnya.